BEBERAPA HAL PELAYANAN PADA KONSUMEN
Assalamualaikum,wr,wb
Hai teman teman pa kabar ini hari, semoga selalu sehat ya saat berkunjung ke blog ini, amiiinnn, nah teman teman bagaimana sih kita sebagai marketing diperusahaan leasing atau pengkreditan benda, furniture, atau pinjaman uang langsung dengan adanya suatu jaminan harus bisa membuat perusahaan untung atau mendapat laba ? Nah sebenarnya penjualan yang banyak belum tentu dapat menghasilkan profit yang besar, terkadang malah rugi teman teman. Semua itu tergantung dari sales yang sungguh sungguh, survey tepat dan jujur, lalu analyst yang kuat dan akurat.
Nah ada juga dari kualitas, ya antaranya kualitas produk, program promosi, maupun harga yang ditawarkan, eeiiittsss tetapi SDM juga harus oke dan gaji yang memadai dengan fasilitas yang normal yang patut dimiliki, sekarang coba deh lihat, berapa banyak perusahaan pembiayaan rugi ? tetapi mereka enggak bilang rugi, hanya di laporan untung, padahal hakikatnya rugi. Karena apa ?? ya dari SDM tadi, tidak adanya mereka untuk merekrut orang jujur, dan gaji yang sedikit sehingga dengan otomatis mereka melakukan Fraud atau manipulasi apapun itu, maupun data, uang, atau lain lain.
Sekarang kalau mau laba besar dengan pengeluara atau modal kecil tidak ada lagi, karena manusia bekerja untuk ibadah dan perut, Jadi untuk meningkatkan keuntungan kita harus memuaskan pelanggan juga, dengan pelanggan kita puas dengan hasil yang kita berikan maka konsumen betah dan cobalah untuk merubah pola manajemen perusahaan, yang baik atau rajin berilah rewards, juga diterapkan pada konsumen seperti itu, beri hadiah, Manusia punya mulut, jadi dengan mulut konsumen yang kita beri hadiah tadi, maka dia akan memberikan tetangga dan sanak keluarga lainnya untuk dapat juga bergabung di tempat dia melakukan kredit. kan lumayan tetangga atau saudaranya beberapa ikut.
Jangan yang pandai menjilat yang dipertahankan, tidak ada guna, dan bukan pula yang hanya duduk dikursi habatan tinggi berkoar koar tentang target, suruh turun lapangan sesekali, karena intinya mereka di gaji besar tapi tidak ada hasil yang di berikan secara signifikan, yang ujung tombak ialah marketing yang susah payah serta bantuan dari para debt collector yang siang malam gigih menagih konsumen, belum lagi dilapangan mereka banyak halangan dan rintangan, jadi berilah apa yang patut mereka dapatkan.
Sekarang kita harus menjaga konsumen yang sudah ada, lebih enak menjaga Current Customer dari pada New Customer, artinya, bahwa perusahaan lebih mudah mempertahankan konsumen yang ada karena konsumen tersebut sudah mengenal perusahaan dan juga sudah mengevaluasi kinerja perusahaan tersebut, serat juga produknya dan barangnya bagaimana.
Nah sekarang hanya tinggal meningkatkan kepuasan pelanggan dan kepuasan para pekerja lapangan. agar laba dan kepuasan berjalan dengan simultan dan balance. Tingkatkan produk dan jasaterhadap konsumen serta pekerja, lalu kecepetan dalam pelayanan dukungan serta dengan adanya sistem kerja yang handal, mempermudah konsumen dalam membayar kredit dimana saja, seperti kantor post, atau di supermarket, jadi lebih gampang enggak dipersulit harus kekantor atau suruh jemput dengan debt collector, juga dapat di bank melalui ATM, dll.
Lalu dengan kunjungan langsung dan tanyakan keluhan atau kendala, agar kita lebih dekat dengan konsumen, dan juga mengetahui tingkat emosional pelanggan kita. lalu tingkat teknis dalam penyampaian hak konsumen, yang contoh kita ambil BPKB atau Pembayaran dikantor, harus cepat, gak perlu tunggu 2 jam yang seharusnya hanya bisa 30 menit.
Nah itulah teman teman pembahasan dari ini, tetapi lebih baik hindarilah hutang piutang, karena membawamu dalam kebimbangan dan membawa fitnah dalam kehidupan. Serta belum lagi banyaknya riba didalam tersebut. Apapun yang kita baca ini adalah ide opini saya , tetapi dapat dibuktikan dengan logis.
Terima Kasih teman teman
Salam Hangat
Asslamaulaikum,wr,wb
Penulis : Abu Sufi
Ide Penulisan : Abu Sufi yang ingin berbagi
0 komentar:
Posting Komentar